Pola Sehat Bagi Petani Dalam Mengamalkan Pengobatan Herbal

Para petani sebagai orang yang bergerak dalam basis dasar industri pengobatan herbal perlu mengamalkan pola sehat dalam bertani sehingga bisa menciptakan petani yang kuat sehat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari di bidang pertanian. 

Untuk itu diperlukan pola hidup yang sehat bagi para petani yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan pengobatan herbal berupa pengeluaran racun dan darah kotor dengan proses bekam.

Dalam meracun hama dengan menggunakan racun kimia meski para petani telah menggunakan masker penutup mulut dan hidung serta sarung tangan namun tetap saja berbahaya. Karena racun kimia yang terdiri dari partikel yang sangat kecil tersebut saat diterbangkan angin bisa tetap masuk ke hidung atau mulut kita meski telah memakai masker. Juga saat kita memasukkan racun kimia tersebut ke dalam alat pompa meski telah memakai sarung tangan namun saat membuka sarung tangan tersebut tetap ada kemungkinan tangan kita terkena racun tersebut. 

Yang namanya racun walaupun masuk ke tubuh kita sedikit atau banyak tetaplah berbahaya karena racun itu akan beredar di dalam darah kita tanpa mampu diproses oleh tubuh sehingga efeknya dalam jangka panjang akan menyebabkan mudah terkena penyakit-penyakit yang berhubungan dengan darah. Seperti penyakit jantung, penyakit darah tinggi, penyakit stroke, penyakit asam urat serta penyakit yang berhubungan dengan gangguan saluran pencernaan. 

Bagi para petani yang telah terlanjur untuk menggunakan racun kimia tersebut sembari beralih ke pemberantas hama organik, solusinya bisa dengan melakukan pengobatan mengeluarkan darah kotor dan racun dari tubuh melalui proses bekam. Di awal-awal bisa dengan melakukan pembekaman selama seminggu sekali sampai tiga minggu berturut-turut. Kemudian dilanjutkan dengan proses bekam rutin sekali sebulan. Hal ini bisa mengurangi serta memenuhi meminimal racun yang telah beredar di dalam darah. 

2. Meminum atau mengkonsumsi obat-obat herbal sebagai nutrisi bagi organ tubuh yang telah rusak atau terkena penyakit.

Sebagai nutrisi solusi pengganti darah kotor dan racun yang telah terbuang melalui darah bekam bisa dengan rutin meminum madu sebagai nutrisi gizi terbaik yang telah disebutkan di dalam Al Quran. Bisa juga dengan meminum dan mengkonsumsi obat-obat herbal lain sesuai dengan kondisi tubuh atau sakit yang dialami.

3. Para petani dianjurkan untuk segera meninggalkan pertanian yang menggunakan racun kimia dan beralih kepada pembasmi hama organik.

Sekarang telah banyak perusahaan perusahaan yang menyediakan pupuk pupuk organik serta pemberantas hama organik yang terbukti bisa dipakai dalam meningkatkan hasil pertanian. Di antara perusahaan pupuk organik tersebut yang telah lama berdiri dan terbukti keberhasilannya ialah perusahaan PT natural nusantara yang disingkat dengan nama PT Nasa.

PT Nasa telah lama mengeluarkan pemberantas hama organik seperti BVR, glio. Di mana pemberantas hama organik Nasa ini aman digunakan karena terbuat dari bahan alami yang tidak berbahaya bagi tubuh. meski terbuat dari bahan alami yang organik namun pemberantas hama dari Nasa ini telah terbukti berhasil memberantas hama baik bagi tanaman muda maupun tanaman tua. Keterangan lebih lanjut dan bisa kita lihat dari website resmi PT Nasa ini yaitu : www.naturalnusantara.co.id.

4. Para petani juga dianjurkan mengurangi pemakaian pupuk kimia dan mendampingi serta menggantinya dengan pupuk organik.

secara bertahap untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dan aman di konsumsi dari segi kesehatan akan lebih baik bagi para petani untuk menggunakan pupuk organik dalam pemupukan. Walaupun tidak bisa secara langsung namun pemakaian pupuk organik bisa pada awalnya dipadukan dengan pemakaian pupuk kimia dan setelah kondisi tanah berangsur-angsur pulih bisa seluruhnya menggunakan pupuk organik. 

Sekarang telah banyak perusahaan yang memproduksi pupuk organik ini yang kemampuannya terbukti ampuh dan setara dengan pupuk kimia. salah satu perusahaan yang memproduksi pupuk organik ini sama dengan perusahaan yang yang memproduksi pemberantas hama organik di atas yaitu PT Natural Nusantara atau disingkat PT Nasa. bahkan perusahaan perusahaan obat herbal lain pun telah mulai memproduksi dan menjual pupuk organik ini sebagai salah satu produk mereka. diantaranya PT k-link Indonesia yang memproduksi pupuk organik dengan merek Bio Bos. Juga ada perusahaan herbal yaitu PT HPA internasional memproduksi pupuk organik. Pupuk organik akan memperbaiki struktur tanah sehingga hasil pertanian akan meningkat dan hama lebih mudah diberantas.

Dengan menerapkan pemakaian pupuk organik dalam bertani akan meningkatkan pola sehat bagi para petani karena hasil pertanian mereka semakin aman dan sehat untuk dikonsumsi. Dengan memakai pupuk organik ini para petani akan terhindar dari kontaminasi efek samping pupuk kimia saat menyebarkan pupuk di ladang pertanian mereka. 

5. Menanam tanaman tanaman herbal di lahan pertanian baik dengan menyelipkan tanaman tersebut maupun dengan menanam secara total.

Alangkah baiknya bagi para petani untuk menanam tanaman herbal di sekitar lahan pertanian mereka karena ini merupakan solusi untuk menciptakan makanan herbal terbaik sebagai konsumsi sehari-hari. Banyak tanaman herbal yang bisa ditanam di sekitar lahan pertanian terutama tanaman bumbu dapur seperti kunyit jahe seledri bawang prei dan sayur-sayuran. jika tanaman ini telah ditanam dengan menggunakan pola organik yaitu memakai memberantas hama organik dan pupuk organik otomatis lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari bagi para petani. Sehingga secara tidak langsung pola sehat melalui makanan bagi para petani bisa di mulai dari hasil ladang sendiri.

6. Mengkonsumsi hasil pertanian sendiri yang telah menggunakan pupuk organik serta pemberantas hama organik.

ini adalah tujuan utama dari bertani yaitu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas yang sehat dan aman dikonsumsi. 

7. Memproduksi produk turunan dari hasil pertanian yang telah memakai pupuk organik dan pemberantas hama organik.

Dengan melimpahnya hasil pertanian biasanya para petani akan menghadapi kendala turun serta murahnya harga sil pertanian tersebut.Hal ini bisa disikapi dengan memproduksi produk turunan dari hasil pertanian tersebut sehingga bisa memberikan nilai tambah dan nilai jual yang lebih tinggi. 

Contohnya saat hasil pertanian tomat melimpah sebenarnya walaupun harganya sedang murah tetapi ini adalah kesempatan utama bagi para petani untuk bisa memproduksi saus tomat yang sekarang banyak dibutuhkan oleh makanan siap saji di rumah makan dan restoran. Apalagi jika tomat yang ditanam tersebut telah menggunakan pupuk organik dan memberantas hama organik tentu akan lebih diminati oleh para konsumen yang menginginkan makanan yang aman dan sehat. 

Dengan bisanya para petani memproduksi produk turunan hasil pertanian mereka tentu bisa membantu dalam memperbaiki pola makan yang aman dan sehat bagi petani itu sendiri. Sebab sebelum produk turunan itu dijual kepada orang lain tentu lebih utama untuk di dikonsumsi sendiri. 

8. Memperdalam ilmu dan pemahaman tentang obat herbal dan tanaman herbal, baik fungsi serta kegunaannya.

Jika para petani telah memahami tentang obat herbal serta tanam tanaman herbal maka petani tersebut bisa menanam tanaman yang berhasiat secara herbal untuk dijual. Tanaman herbal yang telah mempunyai nilai pasar mampu untuk memperbaiki ekonomi para petani sehingga para petani bisa sehat secara tubuh dan kantongnya. 

Contoh tanaman herbal yang bisa diproduksi dalam skala besar dan mempunyai nilai jual tinggi saat ini yaitu daun kelor. para petani bisa menanam daun kelor di sekitar lahan pertanian maupun di sekitar batas tanah rumah mereka.


No comments