Obat Herbal Ampuh Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah memerlukan antisipasi secara cepat, salah satunya dengan obat herbal.

Jika Anda atau salah seorang anggota keluarga terkena penyakit demam berdarah perlu secepatnya berobat untuk mengantisipasi turunnya trombosit.  

Untuk obat herbal yang berupa daun-daun ada sekitar 5 macam daun yang bisa digunakan sebagai obat DBD berdasar informasi dari Tabloid bekam :
 1. Daun jambu biji.
Daun jambu biji memang telah terkenal sebagai obat untuk demam berdarah.Secara ilmiah daun jambu biji mempunyai kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin.

Ekstrak jambu biji yang bisa menghambat Aktivitas enzim reverse transcriptase sehingga bisa menghambat pertumbuhan virus berinti RNA.

Daun biji sebagai obat herbal bagi demam berdarah dengan cara mengambil 5 sampai 9 lembar daun jambu biji kemudian direbus dengan 5 gelas air sampai menjadi tiga kelas kemudian disaring dan dibiarkan sampai dingin untuk di minum satu gelas setiap dua atau tiga jam.

2. Daun pepaya.
Daun pepaya mengandung zat papain yang berfungsi sebagai untuk melunakkan daging dan antelmintik.

Zat papain inilah yang bekerja saat daun pepaya digunakan sebagai pelunak daging yang sedang dimasak.
Cara kerja papain dengan memecah jaringan ikat yang disebut proteolitik. Semakin banyak protein yang dipecah daging menjadi semakin lunak.

Sebagai antelmintik atau obat cacing.
Papain bekerja melemaskan cacing dengan cara merusak protein tubuh cacing.

Penggunaan daun pepaya untuk DBD dengan mengambil 2 lembar daun pepaya segar kemudian dibuang tulang daun dan tangkai nya setelah itu ditumbuk di teras dan disaring airnya minumkan dua sendok teh air perasan per hari hingga pulih kembali.
3. Daun ubi jalar.
Penggunaan daun ubi jalar sebagai obat herbal demam berdarah telah terdapat pada masyarakat Filipina.
Ekstrak daun dan batang ubi jalar memiliki efek menyegarkan Ki dan limpa mendinginkan darah dan menghentikan pendarahan.

Cara Penggunaan :
20 tangkai daun ubi jalar setara dengan 200-250 gram beserta tangkainya titik pilih yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda sekitar 4 atau 5 daun dari pucuk.
Dian dibersihkan setelah itu direbus dalam 1 liter air dengan api yang tidak terlalu besar setelah 5 menit air rebusan sebanyak 800 sampai 900 ML disaring dan diminum sebanyak 200 ml sekali 2-3 jam.
Untuk lebih memudahkan diminum sekaligus penambah elektrolit air rebusan dapat ditambahkan sedikit garam dan gula.

4. Meniran.
Meniran ini kalau di Sumatera Barat disebut dengan ampadu tanah. Rasanya sangat pahit tapi bisa menjadi obat karena itu banyak para pedagang air tawar yang menyediakan meniran atau ampadu tanah ini sebagai minuman.

Meniran ini telah diteliti oleh Institut Teknologi Surabaya BTS ternyata flavonoid yang terdapat dalam meniran bisa meningkatkan jumlah trombosit.

Untuk masalah demam berdarah dapat mengambil 3 atau 7 Batang tanaman meniran lengkap akar batang daun dan bunga bahan tersebut dicuci sampai bersih kemudian diseduh dengan satu gelas air panas disaring kemudian diminum airnya setelah dingin.

Obat herbal demam berdarah yang berbentuk buah :
1. Labu.
Dalam hadis nabi yang diriwayatkan oleh HR muslim biarkan mereka memakan labu karena labu merangsang akal dan otak.

Menurut Jalaluddin Abdurrahman As suyuthi labu bersifat dingin dan basah berguna untuk menyeimbangkan cairan tubuh.

Labu bisa meredakan batuk dan makanan yang baik bagi orang yang terkena demam.

Ibnu qayyim menambahkan labu mengandung air maka baik orang untuk orang yang suhu badannya tinggi.
Cara penggunaan dengan cara direbus dan airnya diminum bisa dicampur dengan campuran madu.
kurma.
2. Kurma 

Kurma bersifat panas pada tingkatan kedua dan lembab. Ibnu qoyyim menyebutkan bahwa kurma dapat menguatkan liver bagi yang telah terbiasa mengkonsumsinya dapat mencegah sembelit meredakan radang tenggorokan membunuh cacing.

Kurma adalah buah makanan obat minuman dan sekaligus manisan.

Cara penggunaan kurma sebagai obat DBD dengan mengambil 500 gram kurma yang dibuang bijinya lalu digerus halus dapat dengan blender dan dicampur dengan 5 gelas air putih jus kurma dapat digunakan dengan meminumkan sebanyak 1 gelas setiap 1 jam.

Sekarang telah banyak kurma yang dijual berupa minuman yang bisa didapat di apotik atau toko herbal terdekat.

Obat herbal untuk penyakit demam berdarah yang berupa cairan atau minuman :
1. Madu.
Dalam Alquran surat an-nahl ayat 69 disebutkan : dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam warnanya didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran merokok bagi orang-orang yang memikirkan.
Menurut gozi Khalid sekretaris jenderal konser of herbal physicians Pakistan madu dapat diresepkan untuk pencegahan bagi virus dengue dengan mengkonsumsi satu sendok madu dicampur dengan air hangat 3 kali sehari. Penggunaan madu bagi terapi demam berdarah dapat dikombinasikan bersama jus kurma.
Bagi yang menderita demam berdarah dapat diminumkan 4 sendok makan sehari.
2. Air zam-zam.
Dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh HR Thabrani dan Ibnu Hibban air yang paling baik di permukaan bumi adalah air zam-zam yang mengandung makanan yang mengenyangkan dan obat penawar bagi penyakit.
Sifat asal air adalah dingin dan lembab tetapi energinya dapat berubah rubah dan bisa berpindah karena berbagai faktor yang menimbulkan reaksi merubah energi air tersebut. 

Penggunaan air zam-zam sebagai terapi dapat diminum sesuai dengan niat seperti yang tertera dalam Hadits air zam-zam bermanfaat untuk tujuan apa ia diminum.

Penggunaan air zam-zam untuk demam berdarah Yaitu sesuai dengan adatnya yang meliputi membaca Bismillah memuji Allah meminumnya dengan tiga kali jeda tiga kali helaan nafas Danta dolo meminum air zam-zam sampai kenyang hingga air mencapai bagian rusuk orang yang meminumnya.

4. Air kelapa muda.
Untuk obat herbal demam berdarah penggunaannya dengan cara mencampur air kelapa muda dengan air perasan jeruk nipis sedikit garam dan madu lalu diminum.

1 comment

^_^ wah bermanfaat sekali informasi nya bang. Trims