Dokter Indonesia Pakar Pengobatan Herbal

Dengan kekayaan tanaman obat Indonesia memberikan antusias tinggi bagi para dokter untuk berkecimpung dalam pengobatan herbal.


Disini kita ulas beberapa orang dokter Indonesia yang berusaha dan berpartisipasi dalam mengembangkan pengobatan herbal  :

1. Dokter Zaidul Akbar


Dr. Zaidul Akbar adalah ketua Asosiasi Bekam Indonesia periode 2015-2020. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai Sekretaris di organisasi ABI periode sebelumnya.
Beliau adalah seorang praktisi di dunia bekam dan pengobatan herbal dan aktif dalam memberikan pengarahan serta motivasi tentang pengobatan herbal dalam konsep thibbun nabawi.
Kiat-kiat sehat beliau dikutip dari Tabloid Bekam dalam Kolom Asosiasi Bekam Indonesia antara lain :

a. Dalam memghadapi penyakit tifus :

Rasulullah mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan perut. Sebab bila perut tidak terjaga akan dijadikan tempatnya bakteri. 

Kalau seseorang terkena typus sebenarnya tidak harus langsung diberi antibiotik koma karena tidak terkontrol oleh tubuh seharusnya diberikan untuk memperbaiki pencernaannya dan mengusir kuman.
Kalau dalam konsep Islam bukannya mengusir, tapi menyingkirkan secara perlahan-lahan baca juga obat penyakit tipus tanpa harus pergi ke dokter.
Herbal yang sesuai untuk penyakit typus menurut baik beliau yaitu herbal-herbal yang memperbaiki pencernaan seperti yang Nabi katakan yaitu : madu, cuka, minyak zaitun dan Habbatussauda lalu buah-buahan karena itu sumber enzim juga bawang putih, kunyit jahe dan temulawak Insya Allah akan menguatkan pencernaan dan tubuh. Baca juga tentang : Obat Penyakit tifus secara herbal dan alami yang langsung terasa khasiatnya.

b. Dalam dalam mengobati penyakit asma

Beliau mengatakan bahwa tidak dapat mengatakan asma penyakit keturunan.
Menurut beliau pendapat  yang mengatakan asma penyakit keturunan tidak sepenuhnya tepat karena apabila seseorang menjaga apa yang ia makan, walaupun yang bersangkutan lahir dari orang tua yang menderita asma tidak akan timbul serangan asma. Intinya toleransi setiap individu berbeda-beda dan seorang anak juga akan mewarisi imunitas dari orang tuanya maka apabila imunitas yang diberikan kepada anak kuat, kelemahan imunitas tidak akan mengaktivasi serangan asma. Oleh karenanya orang tua memiliki kewajiban menjaga imunitas anak mulai dari pemberian ASI hingga memberi makanan yang baik bagi anaknya.

Hal-hal yang perlu dihindari bagi penderita asma
Sedapat mungkin menghindari berbagai zat alergen ( penyebab terjadinya alergi dan memperkuat sistem imun dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti herbal dan makanan yang tidak mengandung zat kimia yang menyebabkan reaksi alergi. Selain itu pelajari juga : Cara aman bagi penderita bronkitis saat naik kendaraan bermotor.
Herbal bagi penderita asma yaitu dapat di rekomendasikan herbal yang berfungsi sebagai anti alergi seperti minyak zaitun, pegagan, rumput mutiara, sambiloto, meniran dan jenis minyak atsiri seperti minyak sereh, minyak cengkeh dan minyak habbatussauda.

c. Untuk menghadapi penyakit kolesterol


Intinya kata Dokter Zaidul Akbar : waspada terhadap makanan sampah

Apa saja makanan yang memicu hiperkolesterol atau kolesterol tinggi :
Makanan yang mengandung lemak  jenuh, asalnya dari berbagai sumber, bisa dari daging-dagingan, kemudian makanan yang teroksidasi atau digoreng, juga yang dibakar, dimasak berulang-ulang, jeroan, lemak dari margarin atau mentega. Disamping itu tingginya asupan fast food atau asupan protein hewan darat juga memicu tingginya angka kolesterol.
Menurut beliau konsep thibbun Nabawi mengatasi masalah kolesterol untuk yang telah bermasalah harus ada pembatasan makanan dan diet terbaik bagi orang yang kolesterol adalah puasa seperti puasa Senin Kamis atau puasa Nabi Daud. Ketika berbuka pun tetap dijaga makanannya diatur dengan mengurangi asupan protein dan diimbangi dengan asupan buah dan sayuran  baru kemudian dengan herbal yang tinggi lemak tak jenuh nya seperti minyak zaitun, kemudian bisa mengkonsumsi habbatussauda, Facebook, daun dewa, pegagan, kayu manis terakhir dengan terapi bekam.

2. Dokter Ahmad Ali Ridho.

Beliau adalah pencetus dalam memadukan metode pengobatan thibbun nabawi berupa bekam dan herbal dan ilmu pengobatan Tradicional China Medicine (TCM) berupa akupuntur dan tehnik diagnosa penyakit. Dokter Ahmad Ali Ridho mengarang buku Bekam Sinergi yang isinya memuat tentang : Rahasia Pengobatan Nabi Medis Modern & Traditional Chinese Medicine.

3. Dokter Wadda' A. Umar

Dokter Wadda' A. Umar adalah praktisi pengobatan herbal yang  buku-buku karangannya menjadi best seller serta menjadi rujukan para terapis terapis bekam di Indonesia.

Buku-buku yang ditulis oleh dokter Wadda A. Umar diterbitkan oleh penerbit Thibia diantaranya adalah :
1. Buku : Sembuh dengan satu titik.
Buku ini memuat tentang metode bekam untuk berbagai jenis penyakit hanya dengan menggunakan titik khusus untuk 1 macam penyakit.

Dalam buku ini juga dibahas mengenai analisa titik-titik bekam dengan merujuk kepada titik bekam nabi, titik bekam akupuntur
 2. Buku : 7 penyakit cukup satu titik.

Di buku ini dijelaskan tentang tujuh jenis penyakit kronis yang biasa ditemukan di tengah masyarakat yang ketiga penyakit itu disebutkan terdengar menakutkan bagi sebagian orang diantaranya diabetes melitus kanker.
Dalam pembahasannya mencakup tentang pengertian dan sebab terjadinya penyakit tersebut serta penjelasan titik bekam untuk setiap penyakit tersebut. Lihat juga keterangan tentang bekam ini dalam : Metode operasi kecil lewat bekam

No comments